News

Wayang Kulit Calonarang Sarat Tuntunan Agama dan Pengruwatan

 Jumat, 17 Juni 2022, 09:55 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITADENPASAR.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritadenpasar.com, Denpasar. 

Akademisi yang juga Ketua Yayasan Gases Bali Dr Komang Indra Wirawan mengatakan sesungguhnya pementasan Wayang Kulit Calonarang tak saja sebagai sarana hiburan, tetapi sarat membawa pesan tuntunan nilai-nilai agama dan pengruwatan.

"Yang terpenting dalam pertunjukan Wayang Kulit Calonarang ini kita dapat memahami akan hakikat kehidupan dan sebagai pengruwatan (penyucian) buana alit (diri) dan buana agung (alam semesta)," jelasnya di Taman Budaya Denpasar, Kamis (16/6).

Pria yang biasa disapa Komang Gases saat menjadi narasumber dalam Kriyaloka (Lokakarya) Pesta Kesenian Bali ke-44 itu menyebut pertunjukan Wayang Kulit Calonarang merupakan pertunjukan wayang yang terkesan unik dan masih dianggap sebagai pertunjukan paling angker diantara wayang kulit lainnya.

Dianggap paling angker karena dalam pertunjukannnya banyak mengungkapkan nilai-nilai magis dan rahasia pengiwa (penganut aliran kiri) dan penengen (penganut aliran kanan). 

Oleh karena itu, saat ini jumlah dalang yang membawakan Wayang Kulit Calonarang jumlahnya masih terbatas dan mayoritas berusia di atas 40 tahun.

"Yang membedakan dengan wayang kulit lainnya juga karena ada unsur pengundangan (mengundang leak), diperkuat Pupuh Ginada Basur, penggunaan lelintingan api, dan ditambah dengan watangan hidup," ucap pria yang juga salah satu dalang wayang kulit Calonarang itu.

Pementasan Wayang Kulit Calonarang berbeda dengan wayang kulit lainnya, karena menyampaikan perspektif dualitas yang berbeda unsur Rwa Bhinneda, tetapi menjadi satu kesatuan yang utuh.

Sang dalang saat melakukan aktivitas pertunjukan pun menyampaikan pesan simbolik Tantra/kekuatan yang identik dengan kawisesan (Bairawa Tantra) atau yang istilah umumnya pengeleakan.


Halaman :






Hasil Polling Calon Walikota Denpasar 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV