News

Wagub Apresiasi Keterlibatan Akademisi Dalam Pemulihan Bali

 Kamis, 19 Agustus 2021, 17:30 WITA

beritabali.com/ist/Wagub Apresiasi Keterlibatan Akademisi Dalam Pemulihan Bali

IKUTI BERITADENPASAR.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritadenpasar.com, Denpasar. 

Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mendukung pelibatan peran akademisi dalam upaya pemulihan Bali yang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Dukungan tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Penguatan Sistem dan Strategi Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bali yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (19/8/2021). 


Rakor digelar dengan pola hybrid, perpaduan offline dan online. Wagub Cok Ace, Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan undangan dengan jumlah terbatas mengikuti secara offline dari Ruang Prajasabha Kantor Gubernur Bali. Sedangkan undangan lainnya yang terdiri dari peneliti dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta tokoh adat terhubung secara online melalui aplikasi zoom meeting. 

Mengawali sambutannya, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa dalam beberapa hari terakhir telah terjadi trend penurunan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Menurutnya capaian itu tak terlepas dari sinergi yang dibangun pemerintah pusat, BNPB, pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang didukung berbagai elemen masyarakat. 

“Semuanya bahu membahu, bekerja keras dengan semangat tinggi dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 di wilayah Bali,” ucapnya. 

Ia berharap, trend penurunan kasus Covid-19 ini bisa terus berlanjut sehingga perekonomian Bali bisa segera pulih. Lebih lanjut Guru Besar ISI Denpasar ini menginformasikan, pandemi Covid-19 tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, namun juga memporakporandakan perekonomian Daerah Bali. Sebagai Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Bali, Wagub Cok Ace berharap border pariwisata bisa dibuka dengan menetapkan skema tertentu yang tak mengabaikan faktor kesehatan.

Terkait dengan upaya penguatan peran akademisi, Panglingsir Puri Ubud ini menyambut baik riset kebencanaan dan KKN Tematik yang diselenggarakan BNPB. Ia berharap, riset para peneliti dapat menghasilkan masukan dan solusi yang implementatif.


Halaman :